Dunia Islam

Mencari Jodoh

Banyak cara yang ditempuh manusia dalam mencari jodoh. Ada yang melalui proses pacaran, berawal dari persahabatan, melalui kontak jodoh–baik lewat proses ta’aruf atau situs online, hingga yang tanpa sengaja dipertemukan.

Sesungguhnya urusan jodoh sudah ditetapkan oleh Allah Swt. Namun sebagai manusia kita tetap harus berikhtiar. Ikhtiar seperti apa? Apakah dengan jalan berpacaran? Sesungguhnya tidak demikian. Dalam Islam ada cara-cara yang baik dalam mendapatkan jodoh, yang tidak menjerumuskan kita ke dalam zina.

Lalu, bagaimana cara mencari jodoh yang lebih benar? Sebelumnya, mari simak dulu As-Syura ayat 11 dalam Alquran berikut ini.

(Dia) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu dari jenis kamu sendiri pasangan-pasangan dan dari jenis binatang ternak pasangan- pasangan (pula), dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah yang Maha Mendengar dan Melihat.”

Dari ayat tersebut bahwa pada hakikatnya manusia diciptakan berpasang-pasangan. Dan jodoh yang yang diridai di sini adalah lawan jenis yang dengannya nanti mampu berkembang biak atau bereproduksi. Jadi jangan sekali-kali melegalkan perjodohan yang mengusung konsep LGBT, karena hal tersebut bertentangan dengan fitrah manusia dan melawan ketetapan Allah Swt.

Dalam mencari jodoh, penting kiranya setiap insan untuk menetapkan niat yang baik, seperti:

  • Untuk memenuhi fitrah manusia (seperti yang tertera di surat As-Syura ayat 11)
  • Untuk membangun keluarga dan meneruskan keturunan, dan
  • Untuk menyempurnakan ibadah.

Jika sudah meluruskan niat mulailah berikhtiar. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan jodoh yang baik yang mungkin bisa diikuti:

Memastikan jodoh yang seiman.

Memastikan jodoh yang seiman. - d26bwjyd9l0e3m.cloudfront.net
Memastikan jodoh yang seiman. – d26bwjyd9l0e3m.cloudfront.net

Dari awal berniat untuk mencari jodoh, pastikan bahwa Anda hanya mencari jodoh yang memiliki keyakinan yang sama, yaitu sama-sama beragama islam. Hal ini karena pernikahan yang diridai Allah adalah yang dilakukan dengan aturan Islam. Pernikahan yang dilakukan berbeda keyakinan tidak diterima Allah Swt.dan dianggap zina.

Berusaha untuk selalu memperbaiki diri.

Berusaha untuk selalu memperbaiki diri. - ligurweb.com
Berusaha untuk selalu memperbaiki diri. – ligurweb.com

Sama halnya seperti mengundang orang ke rumah, pastikan dulu rumah Anda sudah bersih dan layak dikunjungi. Begitu pula dengan perkara jodoh. Jangan lupa untuk selalu memperbaiki diri agar jodoh yang baik juga—insyaallah—segera menghampiri.

Rajin berkumpul dengan orang-orang saleh.

Rajin berkumpul dengan orang-orang saleh. - kalbar2.kemenag.go.id
Rajin berkumpul dengan orang-orang saleh. – kalbar2.kemenag.go.id

Setiap orang bebas untuk berteman dengan siapa pun. Namun, bila ingin mendapatkan jodoh yang baik, banyaklah berkumpul dengan orang-orang yang baik. Bergabunglah dengan komunitas yang membawa kebaikan karena bisa saja jodoh kita ada di sana. Sering-seringlah berkunjung ke majelis ilmu, insyaallah kesempatan mendapatkan jodoh yang berilmu dan dekat dengan Allah juga semakin besar.

Mencari jodoh lewat ibadah umroh? Kenapa tidak?

Mencari jodoh lewat ibadah umroh? Kenapa tidak? - media.ihram.asia
Mencari jodoh lewat ibadah umroh? Kenapa tidak? – media.ihram.asia

Jodoh adalah hak prerogative Allah. Mintalah kepada-Nya dengan sepenuh hati. Jika perlu datanglah ke rumah-Nya dan bersimpuh meminta dibukakan pintu jodoh dan dipertemukan dengan orang yang terbaik menurut-Nya

Banyak orang yang beribadah umroh dengan membawa doa dan harapan agar doa tersebut dikabulkan. Yang pasti, melakukan ibadah umroh juga termasuk salah satu ibadah dambaan umat muslim di seluruh dunia.

Mencari jodoh lewat ibadah umroh, kenapa tidak? Siapa tahu, setelah melakukan ibadah tersebut, Anda segera menemukan jodoh tersebut, baik saat masih berada di sana atau setelah kembali ke tanah air. Yang pasti, niatkan umroh untuk beribadah kepada Allah. Selebihnya, serahkan segala sesuatunya kepada Allah Swt.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close