Dunia Islam

4 Ciri Muslimah Sejati Menurut Islam

Seseorang dinyatakan sebagai seorang muslimah apabila dia seorang wanita dan memeluk agama Islam. Namun sesungguhnya, bagaimana yang dimaksud dengan muslimah sejati menurut Islam?

Menutup Aurat

Muslimah Sejati - cdn2.tstatic.net
Muslimah Sejati – cdn2.tstatic.net

Salah satu ciri utama seorang muslimah sejati menurut Islam adalah muslimah yang senantiasa menutup auratnya. Mereka akan menjaga auratnya di mana saja dan kapan saja dengan penuh keikhlasan dan semata karena Allah SWT.

Namun yang perlu menjadi catatan adalah bahwa menutup aurat bukan sekadar melilitkan jilbab pada kepala. Menutup aurat yang sesungguhnya adalah tidak memperlihatkan lekuk tubuh dan tidak mengenakan pakaian yang mengundang perhatian lawan jenis.

Di Indonesia sendiri, hal ini yang sebenarnya terjadi. Jumlah muslimah yang mengenakan jilbab memang semakin banyak. Sayangnya, hakikat menutup aurat yang sebenarnya belum benar-benar terlaksana. Jilbab sekadar dililitkan pada kepala dengan tujuan menutup rambut dan membiarkan lekuk dada, pinggang, dan bentuk kaki masih terlihat.

Sehubungan dengan perintah menutup aurat, Allah berfirman dalam Alquran Surat Al Ahzab ayat 59 yang berarti, “Ya Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka’. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal. Karena itu mereka tidak diganggu dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Menjaga Perilaku, Lisan, dan Pandangan

Muslimah Sejati - percikaniman.id
Muslimah Sejati – percikaniman.id

Seorang muslimah semestinya selalu memiliki akhlak yang mulia dengan menjaga tingkahnya dan menjaga tutur kata yang sopan dan tidak menyakiti. Setiap tingkah lakunya dijalani sesuai adab yang diajarkan dalam Islam. Di samping itu, menjaga pandangan terutama kepada lawan jenis juga perlu dilakukan oleh setiap muslim dan muslimah.

Sebagaimana sabda Rasulullah, “…Mata bisa berzina, dan zinanya adalah pandangan (yang diharamkan). Zina kedua telinga adalah mendengar (yang diharamkan). Lidah (lisan) bisa berzina, dan zinanya adalah perkataan (yang diharamkan). Tangan bisa berzina dan zinanya adalah memegang (yang diharamkan). Kaki bisa berzina dan zinanya adalah ayunan langkah (ke tempat yang haram). Hati itu bisa berkeinginan dan berangan-angan, sedangkan kemaluan membenarkan yang demikian itu atau mendustakannya.” (HR Bukhari no. 6.423 dan Muslim no. 2.657)

Memiliki Wawasan yang Luas

Muslimah Sejati - Muslimah Sejati - percikaniman.id
Muslimah Sejati – Muslimah Sejati – percikaniman.id

Menjadi seorang muslimah sejati menurut Islam bukan berarti menjadi seorang muslimah yang hanya mengenakan pakaian sesuai syariat dan diam di rumah. Seorang muslimah sejati juga bisa tetap melakukan berbagai aktivitas, termasuk memiliki wawasan yang luas.

Selama dia tidak meninggalkan tanggung jawab utamanya menjadi seorang ibu dan istri dan diizinkan oleh suami jika sudah menikah, bukan sebuah masalah bagi seorang muslimah untuk terus belajar. Selain itu, pada akhirnya muslimah yang cerdas juga akan meneruskan generasi yang cerdas.

Dalam kasus ini, ada satu hal lain yang perlu dicermati. Muslimah yang memutuskan untuk mengejar pendidikan juga tidak boleh meninggalkan ilmu agama. Jangan sampai lantaran sibuk mengejar wawasan duniawi, wawasan mengenai agamanya sendiri menjadi terbengkalai.

Adapun kewajiban untuk mencari ilmu ini banyak dituangkan dalam hadis. Salah satunya adalah sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abdil Barr, “Mencari ilmu itu adalah wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan.” Selain itu, Bukhari juga meriwayatkan, “Sebaik-baik kamu adalah orang yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya.”

Senantiasa Bersyukur dan Bersabar

Muslimah Sejati - i1.wp.com
Muslimah Sejati – i1.wp.com

Sesungguhnya, memerangi hawa nafsu sendiri karena Allah SWT adalah sebuah jihad yang besar. Senjata yang diperlukan untuk menaklukkan godaan ini pun sesungguhnya cukup dengan dua hal: bersyukur dan bersabar.

Allah pun memberi perintah dan kabar gembira bagi setiap orang yang bersyukur dan bersabar. Melalui Surat Al Baqarah ayat 155 Allah berfirman, “Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.”

Menjadi seorang wanita muslimah sejati menurut Islam di zaman kini memang semakin banyak godaannya. Namun dengan memantapkan hati karena semata kecintaan kepada Allah, niscaya Allah akan selalu melimpahkan rahmat, kasih sayang, dan memberi balasan setimpal.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close