Dunia Islam

Menakjubkan, Nama Nabi Muhammad Tertera dalam Injil!

Jika sedang membaca Alquran dan menemukan nama Nabi Muhammad di dalamnya, tentu tidak aneh, ya.  Namun, bagaimana jika nama nabi terakhir ini tertera di dalam kitab suci agama lain? Ini baru luar biasa. Di dalam kitab suci umat Nasrani sendiri, yaitu Injil, terdapat nama Nabi Muhammad.

Ayat dalam Alquran

Ayat dalam Alquran - alquranmulia.files.wordpress.com
Ayat dalam Alquran – alquranmulia.files.wordpress.com

Sebenarnya keterangan mengenai kedatangan dan nama Nabi Muhammad telah ditemukan sebelum kitab suci umat Islam diwahyukan. Hal ini difirmankan oleh Allah SWT di dalam Alquran yaitu QS. Al-Baqarah ayat 146 dan QS. As-Shaf ayat 6.

Dalam surat Al-Baqarah disebutkan bahwa orang-orang Yahudi dan Nasrani yang telah diberi kitab Taurat dan Injil sudah mengenal Nabi Muhammad seperti mengenali anak-anak mereka sendiri.

Lalu dalam As-Shaf diterangkan mengenai nama Ahmad sebagai persamaan Muhammad. Ketika Nabi Isa mengatakan bahwa dirinya adalah utusan Allah dan membenarkan kitab yang datang sebelumnya, serta membawa kabar gembira mengenai Rasul yang datang sesudahnya. Nabi Muhammad-lah yang dimaksudkan oleh Nabi Isa.

Keterangan dalam Alkitab atau Injil

Keterangan dalam Alkitab atau Injil - 4.bp.blogspot.com
Keterangan dalam Alkitab atau Injil – 4.bp.blogspot.com

Kemudian, apa keterangan yang menuliskan tentang nama Nabi Muhammad dalam Injil? Menurut ahli sejarah dan agamawan, di Injil sendiri ada ayat mengenai hal ini. Contohnya di dalam Alkitab atau Injil yang diambil dari bahasa Yahudi aslinya, Song of Solomon 5:16. Di sana tertera keterangan mengenai nama Nabi Muhammad.

Teks aslinya berbunyi seperti ini: Hikko Mamtakkim Dhekhullo Muhammadim, Zeedodi Vezer’i Benoq Yerussalam. Arti dalam bahasa Indonesianya: “Teramat manis tutur katanya. Ya dia adalah Muhammad. Dia adalah kekasihku, dan dia adalah temanku wahai putra-putri Yerusalem.”

Namun, keterangan nama tersebut tidak tertera di Injil terjemahan Indonesia. Di Kitab Kidung Agung terdapat ayat seperti “Kata-katanya manis semata-mata, segala sesuatu padanya menarik. Demikianlah kekasihku, demikianlah temanku hai putra-putri Yerusalem.” Kata-kata segala sesuatu padanya menarik harusnya menyebutkan nama Nabi Muhammad dalam Injil tersebut.

Keterangan dalam Injil Barnabas

Keterangan dalam Injil Barnabas - lastampa.com
Keterangan dalam Injil Barnabas – lastampa.com

Lalu, adakah keterangan lain mengenai ditemukannya teks nama Nabi Muhammad dalam Injil? Ya, ada di dalam Injil Barnabas. Meski Injil ini belum diterima sebagian besar kalangan Nasrani. Dan masih ditelusuri keotentikannya oleh sarjana agama Islam dan Kristen.

Injil Barnabas disimpan di Museum Etnografi, Turki, dan konon berusia 1.500 tahun. Injil yang ditulis dalam bahasa Aramik ini menyebutkan hal-hal yang kurang dipercayai oleh umat Nasrani. Bahkan kadang bertentangan dengan keyakinan Nasrani pada umumnya.

Bahasa Aramik dipercaya sebagai bahasa yang dipakai sehari-hari oleh Nabi Isa, dan di Injil Barnabas tercantum keterangan mengenai nama nabi akhir zaman ini, Muhammad. Keterangan tersebut banyak ditemukan di dalam injil yang dinamakan sesuai pengikut Nabi Isa ini.

Contohnya di bab 39 Injil Barnabas, yang memuat nama Nabi Muhammad dalam Injil ini. Teksnya seperti: “Terpujilah nama-Mu yang kudus, ya Allah Tuhan kita. Tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya.”

Keterangan seperti itu ditemukan pula di bab-bab berikutnya. Antara lain bab 41, 44, 97, 112, 136, 163, dan 220. Semua bab tersebut mencantumkan nama nabi Muhammad.

Terlepas dari pro kontra mengenai informasi Nabi Muhammad di dalam kitan Injil Barnabas, sebagai manusia kita tetap wajib menghormati keyakinan orang lain dalam beragama. Semoga kita tergolong hamba yang senantiasa dalam lindungan dan karunia-Nya. Aaminn ya rabbal ‘alamin.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close