Dunia Islam

Sejarah Masuknya Islam di Indonesia

Indonesia adalah negara yang mayoritas penduduknya menganut agama Islam, yaitu mencapai 85% dari total jumlah keseluruhannya. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata sejarah masuknya Islam di Indonesia, hingga memiliki penganut yang sangat besar, melalui proses sejarah yang panjang.

Ada sejumlah teori serta pendapat yang mengungkapkan, kapan dan bagaimana kebudayaan serta agama Islam mulai masuk ke Indonesia. Pendapat-pendapat tersebut mengacu pada bukti yang ada dan didukung oleh catatan-catatan sejarah pada masa lalu.

Teori Masuknya Islam di Indonesia

Masuknya Islam Indonesia - 4.bp.blogspot.com
Masuknya Islam Indonesia – 4.bp.blogspot.com

Penyebaran Islam di Indonesia memang sangat luas. Dari tanah Sumatera, ajaran Islam menyebar hingga pulau ke Jawa yang disampaikan oleh para ulama dengan sebutan Wali Songo. Mereka kerap berdakwah melalui perantara kebudayaan.

Namun, sebenarnya ada berbagai pendapat serta teori tentang masuk dan berkembangnya ajaran Islam di Indonesia. Berikut ini ulasannya.

  • Teori Gujarat

Teori Gujarat mengungkapkan bahwa masuknya agama Islam ke Indonesia sejak awal abad ke-8 masehi dibawa langsung oleh orang-orang yang berasal dari Gujarat, India. Teori ini didukung oleh tokoh Snouch Hurgronje dan J.Pijnapel.

  • Teori Persia

Selain Gujarat, teori yang juga membahas masuknya Islam di Indonesia adalah Persia. Teori ini dikemukakan oleh P.A Husein Hidayat. Di dalam teori ini disebutkan bahwa masuknya Islam ke Indonesia dilakukan oleh pedagang-pedagang yang berasal dari Persia, Iran. Penyebarannya pun sudah dilakukan sejak awal abad ke-12 Masehi.

  • Teori Arab

Teori Arab mengemukakan bahwa masuknya Islam ke Indonesia dimulai pada abad ke-7 Masehi. Ajaran ini dibawa oleh penduduk Arab yang diperintahkan langsung oleh Nabi Muhammad saw. Sejumlah tokoh yang mendukung teori ini adalah Van Leur, Hamka, dan T.W. Arnold.

Cara Masuknya Islam ke Indonesia  

Masuknya Islam Indonesia - 4.bp.blogspot.com
Masuknya Islam Indonesia – 4.bp.blogspot.com

Sepeninggal Nabi besar Muhammad saw., agama Islam memang mengalami penyebaran yang sangat pesat ke seluruh penjuru dunia. Masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia tidak melalui peperangan atau kekerasan, melainkan dibawa secara damai.

Ajaran dalam agama Islam tidak mengenal sistem kasta sehingga mudah diterima oleh masyarakat pribumi. Proses masuknya Islam ke Indonesia sendiri dilakukan dengan beberapa cara, antara lain:

  • Perdagangan

Indonesia memiliki letak yang strategis di jalur perdagangan sehingga sering kali disinggahi para pedagang dunia, termasuk pedagang muslim. Banyak di antaranya memilih untuk menetap, lalu membangun tempat tinggal. Hal itulah yang menjadi awal berdirinya perkampungan muslim di tanah air. Selain itu, mereka juga kerap mendatangkan para ulama untuk menyebarkan serta mendakwahan agama Islam.

  • Perkawinan

Kebanyakan bangsawan pribumi menilai para pedagang muslim sebagai kalangan terpandang. Untuk itulah, para bangsawan tersebut memilih untuk menikahkan anak perempuan mereka dengan pedagang muslim yang menetap di tanah air. Namun, para pedagang tersebut memberikan syarat kepada sang gadis untuk memeluk agama Islam sebelum resmi menikah. Hal inilah yang membuat proses penyebaran agama Islam di Indonesia semakin mudah.

  • Pendidikan

Berdirinya perkampungan Islam di setiap daerah di Indonesia memicu pembangunan fasilitas pendidikan seperti pesantren yang diajarkan oleh para guru agama dan ulama. Setelah murid menamatkan pendidikan, mereka diwajibkan untuk pulang ke daerah asal dan menyebarkan ajaran agama Islam kepada penduduknya.

  • Kesenian

Kesenian adalah media dakwah yang efektif untuk menyebarkan ajaran agama Islam di Nusantara. Para ulama kerap menciptakan sajak, lirik, tarian, lagu, hingga pewayangan yang berkaitan dengan nasihat untuk menjalankan perintah agama.

Nah, itu dia sekilas tentang sejarah masuknya Islam di Indonesia. Yuk, bagikan ke teman-teman kamu.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close