Dunia Islam

Bahagia Dunia dan Akhirat dengan Shalat Malam

Salah satu shalat sunnah yang dianjurkan adalah shalat malam (Qiyamul Lail). Bahkan, shalat sunnah yang satu ini juga sering kali disebut-sebut sebagai shalat paling baik setelah shalat fardu. Hal ini pun dibuktikan dengan banyaknya ayat Alquran dan hadis yang menganjurkan dilaksanakannya shalat sunnah ini. Salah satunya dijelaskan dalam surat Al-Insaan ayat 25-26, yaitu:

“Dan sebutlah nama Rabb-mu pada (waktu) pagi dan petang. Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang di malam hari” (Al-Insaan : 25-26)

Dalam sebuah hadis juga disebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, “Hendaklah kalian shalat malam, karena shalat malam adalah kebiasaan yang dikerjakan orang-orang sholeh sebelum kalian, ia adalah ibadah yang mendekatkan diri kepada Rabb kalian, penghapus berbagai kesalahan dan pencegah perbuatan dosa”. (HR. Tirmidzi)

Namun sayangnya, tak sedikit orang yang enggan untuk melakukan ibadah yang satu ini. Beragam alasan pun bermunculan, mulai dari ngantuk, malas, tidak tahu caranya, dan alasan-alasan lainnya. Padahal, jika kita tahu berbagai keutamaan dari shalat malam, niscaya kita pun akan berbondong-bondong untuk bisa melakukan ibadah ini. Berikut beberapa keutamaan shalat malam yang wajib untuk Anda ketahui.

Memperoleh Rahmat dan Kasih Sayang Allah

Shalat Malam - Ibnu Asmara
Shalat Malam – Ibnu Asmara

Orang yang melakukan ibadah shalat malam akan mendapatkan rahmat, kasih sayang, dan cinta dari Allah SWT. Sebagaimana yang diriwayatkan dalam salah satu hadis,

“Allah merahmati seorang suami yang bangun di malam hari lalu dia shalat dan membangunkan istrinya. Jika sang istri enggan, ia percikkan air ke wajahnya dan Allah merahmati seorang istri yang bangun di malam hari lalu dia shalat dan membangunkan suaminya, jika suaminya enggan ia percikkan air pada wajahnya”. (HR. Abu Dawud)

Memperoleh Ampunan dan Pahala yang Besar

Shalat Malam - Hellogiggles.com
Shalat Malam – Hellogiggles.com

Selain mendapatkan rahmat, orang-orang yang mengerjakan shalat malam serta banyak mengingat Allah juga dijanjikan akan memperoleh ampunan serta pahala yang besar. Hal ini sesuai dengan sabda Rasul dan firman Allah, yaitu:

“Apabila seorang suami membangunkan istrinya di malam hari lalu mereka shalat berjamaah dua rakaat niscaya mereka dicatat tergolong orang-orang yang banyak mengingat Allah”. (HR. Abu Dawud)

Kemudian, hadis tersebut juga semakin diperkuat oleh firman Allah dalam surat Al-Ahzab ayat 35, yaitu:

“Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar”. (Al-Ahzab: 35)

Jadi dapat disimpulkan bahwa orang yang mengerjakan shalat malam akan tergolong orang-orang yang banyak mengingat dan menyebut nama Allah, dan mereka telah Allah janjikan dengan ampunan dan pahala yang besar.

Jalan untuk Terkabulnya Doa

Shalat Malam - Riforma.it
Shalat Malam – Riforma.it

Shalat malam juga bisa menjadi sebab dikabulkannya doa atau hajat. Sebagaimana yang disabdakan Nabi Muhammad SAW, “Sesungguhnya pada malam hari ada dua saat, tidaklah seorang muslim memohon kepada Allah kebaikan dari urusan dunia dan akhirat bertepatan dengan saat tersebut, melainkan Dia memberikan permohonan dan hal tersebut pada setiap malam”. (HR. Muslim)

Mempermudah jalan Masuk Surga

Shalat Malam - Twitter.com
Shalat Malam – Twitter.com

Keutamaan lain dari shalat malam adalah kemudahan untuk masuk surga. Allah menjanjikan kemudahan dan kenikmatan surga bagi orang-orang yang senantiasa melaksanakan ibadah shalat malam. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah, yaitu:

“Wahai Manusia! Sebarkanlah salam, berilah makan dan shalatlah di malam hari ketika manusia sedang tidur lelap, niscaya kamu masuk surga dengan penuh kedamaian”. (HR. Ibnu Majah)

Dalam hadis lain juga disebutkan bahwa, “sesungguhnya di surga ada sebuah ruangan yang mana bagian luarnya dapat dilihat dari dalamnya dan bagian dalamnya dapat dilihat dari luarnya. Allah menyiapkannya untuk orang yang memberikan makan, melembutkan tutur kata, senantiasa mengikuti shalat dan shalat di malam hari ketika manusia sedang tidur lelap”. (HR. Thabrani)

Bagaimana? Masih enggan untuk melaksanakan shalat malam?

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close