Dunia Islam

5 Wanita Muslim Hebat Masa Kini yang Inspiratif

Peran wanita dalam perkembangan Islam sangat sentral. Wanita hadir sebagai figur pertama yang membimbing anak menjadi Muslim yang taat serta mengurus suami dan rumah tangga dengan andal. Tak sebatas itu, Muslim di zaman modern juga aktif di ruang-ruang publik dan memberikan kontribusi kepada masyarakat luas.

Bagi kalian kaum Muslimah, berikut 5 figur wanita Muslim hebat yang sepak terjangnya dapat menginspirasi Anda untuk terus memperbaiki diri menghadapi tantangan dunia.

Zaha Hadid

Wanita Muslim - images.adsttc.com
Wanita Muslim – images.adsttc.com

Hadid merupakan wanita yang sangat dihormati di bidang arsitektur. Karya-karyanya fenomenal sehingga membawanya meraih penghargaan paling bergengsi di bidang arsitektur yakni Pritzker di tahun 2004.

Wanita ini lahir pada 31 Oktober 1950 di Baghdad, Irak. Ia melanjutkan pendidikan tinggi di Architectural Association School of Architecture, London. Beberapa karyanya seperti stadion Al-Warkah Qatar serta Guangzhou Opera House. Sayangnya beliau meninggal pada 31 Maret 2016 karena serangan jantung.

Malala Yousafzai             

Wanita Muslim - sachtimes.com
Wanita Muslim – sachtimes.com

Perempuan yang kini berusia 20 tahun ini merupakan penerima Nobel perdamaian termuda di tahun 2014. Saat itu, usianya masih 16 tahun. Karena getol memperjuangkan pendidikan bagi anak-anak perempuan di negeri asalnya, Pakistan, ia pernah ditembak seorang pemuda Taliban sebanyak dua kali. Ia pun mengalami perawatan intensif selama 6 bulan di Inggris. Setelah pulih, Malala dan keluarganya melanjutkan hidup di Birmingham.

Pada 12 Juli 2013, gadis ini berpidato di Forum Majelis Kaum Muda di Markas Besar PBB. Intinya mengenai hak-hak anak perempuan untuk bersekolah serta  perlawanan terhadap terorisme dan kebodohan. Apa yang ia sampaikan menginspirasi banyak orang memberantas kebodohan melalui pendidikan. Kini Malala tengah menempuh studi di Oxford dengan mendalami bidang filsafat, politik dan ekonomi.

Dalia Mogahed

Wanita Muslim - i.ytimg.com
Wanita Muslim – i.ytimg.com

Wanita Muslim hebat yang satu ini berhasil mencatatkan namanya sebagai salah satu penasihat hukum mantan presiden Barack Obama. Di angkat pada tahun 2009, dan memberikan pengaruh baik pada kebijakan Amerika terhadap konflik di Timur Tengah.

Ia merupakan Presiden dan CEO untuk lembaga Mogahed Consulting di Washington DC yang mendalami isu-isu Muslim di Timur Tengah. Prestasi tersebut memikat Obama dan menjadikannya wanita Muslim pertama yang bekerja di gedung putih.

Halimah Yacob

Wanita Muslim - profilbos.com
Wanita Muslim – profilbos.com

Halimah Yacob menjadi sorotan dunia di tahun 2017. Bagaimana tidak, ia merupakan perempuan Muslim pertama yang menjadi Presiden di Singapura. Berasal dari etnis Melayu, beliau lahir pada 23 Agustus 1954.

Menekuni pendidikan tinggi di bidang hukum, ia bahkan mendapatkan gelar Doktor Kehormatan dari National University of Singapore. Ia juga telah lama terjun dalam dunia politik dan aktif memperjuangkan nasib kaum marginal. Keberhasilan Halimah tentu menjadi inspirasi bagi perempuan-perempuan Muslim yang kini bergelut di bidang politik

Halima Aden

Wanita Muslim - media2.s-nbcnews.com
Wanita Muslim – media2.s-nbcnews.com

Halima telah menjadi sosok yang menginspirasi banyak perempuan berhijab di dunia. Ia mengikuti kontes kecantikan Miss Minnesota Amerika Serikat dengan tetap mempertahankan penampilan tertutupnya.

Setelah gagal diajang tersebut, remaja 19 tahun keturunan Amerika-Somalia ini menekuni dunia model. Ia pernah tampil di ajang New York Fashion Week bersama koleksi Kanye West’s Yeezy. Namanya kian berkibar ketika tampil lagi di ajang Milan Fashion Week tahun 2017. Dengan mengubah konsep kecantikan orang Amerika, kini wajahnya wara-wiri di sampul berbagai majalah mode ternama.

Kehadiran wanita Muslim hebat dalam ruang-ruang publik membuktikan Islam juga menghargai persamaan hak. Hal ini juga sekaligus mematahkan stigma yang berkembang selama ini yakni wanita Islam adalah kaum kelas dua di bawah bayang-bayang patriarki.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close